Silaturahmi Virtual Dorong Kenaikan Trafik Indosat Sepanjang Lebaran 2021

Tahun ini tradisi pulang kampung merayakan Idulfitri beserta famili akbar tercinta di kampung laman kembali harus ditunda seiring diterapkannya anggaran pengetatan mobilitas masyarakat. Hal ini dilakukan buat mendukung upaya Pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Sebagai gantinya, warga  Indonesia beralih melakukan silaturahmi secara impian tanpa perlu harus keluar rumah menggunakan memanfaatkan teknologi telekomunikasi digital.

Kebiasan baru tersebut mendorong trafik data PT Indosat Tbk (“Indosat Ooredoo”) naik 10% yang diimbangi menggunakan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang tetap terjaga selama masa Lebaran tahun ini.

Semakin meningkatnya kebutuhan telekomunikasi warga  Indonesia khususnya di layanan data sudah diantisipasi Indosat Ooredoo semenjak awal tahun melalui penambahan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, dan fiberisasi jaringan 4G berkualitas video miliknya. Dampaknya adalah lonjakan kenaikan trafik data selama masa Lebaran tahun ini berhasil diimbangi menggunakan kualitas layanan prima. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-homogen menjadi 9% lebih cepat dibandingkan hari biasa.

Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya misalnya telepon & SMS permanen dijaga di level tertinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital Indosat Ooredoo turun 37% di masa Lebaran tahun ini.

Lebih dari 90% tiket pengaduan berhasil diselesaikan kurang menurut 24 jam. Jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 jua naik sebesar 8% dibandingkan hari biasa. Pelanggan Indosat Ooredoo pun tetap sanggup menikmati pengalaman berkomunikasi yg lancar di jaringan 4G berkualitas video meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yg diprediksi akan permanen tinggi di masa perlop & liburan sekolah dalam seminggu kedepan.


Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan, “Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, bahagia cita rasanya Indosat Ooredoo sanggup menaruh pengalaman terbaik di masa yg penuh tantangan ini menggunakan banyak sekali produk dan layanan yang berkualitas, transparan, & dianggap pelanggan. Kami turut bangga sudah berperan aktif mendukung program Pemerintah pada mengendalikan penyebaran Covid-19 khususnya pada masa Lebaran ini dengan mengubah tradisi mudik sebagai silaturahmi impian. Kami berkomitmen kualitas jaringan, produk, & layanan Indosat Ooredoo akan permanen optimal buat mendukung aktifitas #SilaturahmiTanpaHenti masyarakat Indonesia meskipun dilakukan secara virtual.”

Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan & Lebaran sebelumnya, Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data di masa Lebaran tahun ini khususnya pada wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, & Jawa Timur. Tim Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) & Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang tergabung pada Command Center sejak H-4 Lebaran mencatat warga  yg tinggal di Aceh, Banjarnegara, Cianjur, Cirebon, Jember, Kisaran Tebing Tinggi, Madura, Pati, Serang, & Tegal sangat aktif memanfaatkan layanan data Indosat Ooredoo yg kualitasnya dipantau terus-menerus selama 24 jam sehari.

Peningkatan trafik telekomunikasi dan pergerakan mobilitas pelanggan yg dinamis juga bisa diantisipasi sang Indosat Ooredoo melalui penerapan contoh operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang diimplementasikan  dari tahun kemudian. Tercatat pemakaian layanan mobile gaming naik sebesar 90%, media sosial naik 26%, messaging dan video call naik 21%, serta streaming video & music naik 1%. Penggunaan pelaksanaan TikTok, Instagram, & WhatsApp pun semakin tinggi tajam selama masa Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian pelaksanaan permainan daring misalnya Mobile Legends, PUBG Mobile, & Free Fire.

“Keberhasilan menjaga kualitas layanan telekomunikasi di masa Lebaran tahun ini menjadi semakin spesial   bagi kami. Video kampanye Ramadan IM3 Ooredoo, Bulan Yang Baik (feat. Sal Priadi), dinobatkan sebagai salah  satu iklan Ramadan 2021 terbaik se-Asia Pasifik pada platform YouTube. Ini merupakan penghargaan ketiga kami di kategori yang sama selama 3 semester berturut-turut. Pencapaian ini memperlihatkan bagaimana Indosat Ooredoo bisa menjangkau hati pelanggannya lebih dalam dan menyentuh ratusan juta masyarakat Indonesia melalui produk dan layanan inovatifnya,” tutup Vikram.