Pergertian dan Usaha Mengatasi Kelangkaan

Kelangkaan Sumber Daya




Pengertian Kelangkaan


Kelangkaan merupakan masalah yang besar dalam sebuah Negara. Negara dapat dikatakan makmur apabila dapat menyelesaikan masalah kelangkaan. Artinya setiap kebutuhan yang timbul dapat dipenuhi dan tersedia alat pemuasnya.


     Kelangkaan (scarcity) adalah suatu kondisi atau keadaan dimana barang atau jasa yang kita butuhkan tidak tersedia, atau jumlahnya lebih sedikit dari jumlah yang dibutuhkan serta sukar memperolehnya. Contoh waktu kemarau, sangatlah susah mencari air untuk persawahan.
    Nah dalam hal ini kelangkaan dapat diartikan sebagai kondisi tidak seimbang antara keinginan manusia dalam memenuhi berbagai macam dengan ketersediaan menghasilkan barang atau jasa. Oleh karena itu manusia harus memikirkan berbagai alternative dalam menghadapi kelangkaan.

a. Barang-barang modal

   Barang barang modal adalah barang barang yang digunakan dalam kegiatan produksi. Barang barang modal jumlahnya     terbatas, Karena untuk menghasilkan barang tersebut jumlah biaya yang dibutuhkan juga cukup besar.

b. Tanah

    Tanah merupakan sumber daya yang sangat dibutuhakan oleh manusia, baik sebagai tempat tinggal maupun untuk berbagai jenis usaha lainya. Kebutuhan akan tanah makin bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

c. Bahan tambang

    Bahan tambang merupakan sarana pemenuhan kebutuhan manusia yang jumalhnya terbatas. Jika bahan tambang terus menerus digali tanpa diimbangi tanpa pemeliharaan, maka akan lama habis.

d. Hutan

     Hutan merupakan sumber daya alam yang dapat menghasilkan kayu dan hasil hutan lainya yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya terbatas. Oleh karena itu perlu perhitungan antara memotong dan menanam pohon kembali.

Usaha Usaha Manusia dalam mengatasi Kelangkaan


a. Mencari sumber baru sebagai pengganti.
b. Melakukan penghematan dan memanfaatkan sumber daya yang ada.
c. Melakukan daur ulang.
d. Memproduksi barang dan jasa sumber daya yang ada.