Biografi Kresna


Kresna






Kresna  adalah anak titisan dari Dewa Wisnu. Dia lahir melalui Dewi Rohini dan Prabu Basudewa. Kresna memliki 2 saudara yaitu Baladewa dan Dewi Subadra. Dia memiliki kesaktian bisa mengetahui kejadian sebelum terjadi karena dia memiliki kekuatan Dewa Wisnu.



Nama lainya    : Narayana,Wisnumurti,Wasudewa, Prabu Dwarawati, Kesawamurti, Padmanaba, Arimurti, Kesawa, Guwinda dan Danardana.

Orang tua        : Prabu Basudewa dan Dewi Rohini memiliki saudara Balaram.

Kesatria           : Dwarawati.

Watak              : Jujur, berwibawa, pintar adil bijaksana.

Senjata            : Kembang Wijayakusuma untuk menghidupkan orang mati dan Cakra yang tidak bisa dikalahkan oleh apapun.

Istri                  : Dewi Rukmini berputra Partajumena, Dewi Setyaboma beranak Siti Sundari dan Titisari, Dewi Pratiwi beranak Raden Sitija dan Dewi Jembanawati beranak Samba.

Kematian dan Peran di peperangan Mahabarata :

    Kresna berperan sangat penting dalam Perang Bharatayuda sudah kewajibanya sebagai titisan Dewa Wisnu unuk membela kebenaran. Kresna menurut silsilah keturunan adalah saudara dari Pandawa ayahnya adalah adik dari ibu Pandawa (Kunthi). Dalam Perang Bharatayuda Kresna menjadi kusir Arjuna, menjadi Duta dari Pandhawa dan menjadi pengatur Perang Bharatayuda melalui kitab Jitabsara yang dicurinya dari Bhatara Guru. Kitab itu berisikan tentang kematian dan kemenangan saat tokoh berperang. Kematianya adalah saat Perang Bharatayuda berakhir dan dia sudah tidak memiliki kewajiban di dunia. Dia muksa sebagai Dewa Wisnu karena terpanah orang berburu, saat bertapa di atas pohon.










Keyword : Tokoh Wayang Krisna, Tokoh Wayang Kresna, Biografi Kresna, Titisan Dewa Wisnu, Sahabat Pandhawa.